top of page
  • Writer's pictureAnnisa Bella

Tips Mencegah Maskne, Jerawat Akibat Memakai Masker

Maskne adalah jerawat yang timbul akibat penggunaan masker yang terlalu lama. Istilah maskne merupakan gabungan dari kata “mask” (masker) dan “acne” (jerawat). Istilah ini mulai popular semenjak pandemik Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk menggunakan masker setiap hari sebelum keluar rumah untuk beraktivitas. Jerawat ini biasanya muncul pada area mulut, pipi dan dagu.

Makne terjadi akibat minyak kulit wajah, keringat dan bakteri terperangkap di kulit saat kita menggunakan masker. Keringat berlebih yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan kelembapan dari masker mempengaruhi jumlah bakteri penyebab jerawat ini muncul. Faktor lainnya yaitu pengaruh cuaca dan gesekan. Cuaca panas akan meningkatkan kelembapan dibalik masker yang kita gunakan, penggunaan masker yang terlalu lama dapat menyebabkan gesekan antara masker dan kulit wajah sehingga dapat memicu iritasi pada kulit, hal ini dapat memicu timbulnya maskne.

Lalu bagaimana cara mencegah maskne? Kamu bisa menyimak tips berikut untuk mengurangi peluang terjadinya muncul jerawat akibat memakai masker:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai masker. Hal ini dapat mencegah timbulnya iritasi yang disebabkan oleh debu, kotoran dan minyak pada permukaan kulit wajah.

Membersihkan wajah

2. Menggunakan moisturizer (pelembab) sebelum memakai masker untuk melindungi kulit dari gesekan kain masker dan menjaga kulit wajah agar tetap terhidrasi dengan baik sehingga terhindar dari iritasi.

Menggunakan pelembap

3. Tidak menggunakan makeup tebal, gunakanlah setipis mungkin agar kulit wajah kita memiliki kesempatan untuk ‘bernapas’.

Menggunakan makeup tipis

4. Pastikan masker yang kita gunakan benar-benar bersih. Masker yang penuh kotoran, debu dan kuman akan membuat kulit mudah berjerawat.

5. Jika menggunakan masker medis sebaiknya diganti minimal 4 jam setelah pemakaian

Mengganti masker minimal 4 jam sekali

6. Jika menggunakan masker kain, pilihlah jenis masker yang nyaman digunakan seperti katun. Hindari bahan nilon dan polyester. Masker dengan tekstur halus akan mengurangi gesekan pada kulit wajah yang dapat menyebabkan iritasi atau lecet.

Memilih jenis masker kain yang bertekstur halus

7. Untuk penggunaan masker kain, pastikan langsung mencucinya setelah digunakan agar dapat mencegah partikel asing menempel pada masker.

Mencuci masker setelah penggunaan

Nah, itu adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinya maskne. Bagaimana apakah kamu sudah menerapkan tips diatas? Ceritakan bagaimana cara mencegah maskne versi kalian di kolom komentar!

Aku juga mau kasih info lagi nih, kamu pengen dapet potongan belanja di Sociolla? Bisa bangettt ! Caranya, masukin kode voucher “SBN06C857” sebelum checkout yaa, kamu bakal dapet potongan Rp. 25.000 loh ! Untuk syarat dan ketentuannya minimal pembelian Rp. 150.000 dan pengguna baru. Kalau kamu belum memiliki akun Sociolla, kamu bisa daftar melalu link http://soco.id/register/adorabel, dan dapatkan bonus 150SP = potongan Rp. 15.000 dengan syarat melengkapi Beauty Profile dan verfikasi no telepon kamu. Thank you❤

Kommentare


bottom of page